![]() |
| Penyerahan bea siswa kepada anak keluarga petani. |
FESTINOV 2025 merupakan puncak dari rangkaian kegiatan inovasi yang telah berlangsung sejak Agustus 2024. Dari 196 gugus inovasi, sebanyak 20 tim terbaik berkompetisi di empat kategori utama: Growth, Sustainability, Value Centric, dan Best EBITDA.
Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Maryono, menekankan bahwa inovasi merupakan kunci keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan di tengah dinamika global yang cepat.
“Inovasi penting untuk bertahan dan berkembang di dunia yang terus berubah. Inovasi harus terukur agar hasilnya optimal dan sumber daya efisien. Mari berinovasi secara kreatif, berkelanjutan, dan terarah demi kemajuan perusahaan dan industri,” ujar Maryono saat membuka FESTINOV 2025.
Sebagai bagian dari rangkaian acara, FESTINOV juga menghadirkan seminar inspiratif yang menghadirkan dua tokoh nasional, yaitu Gita Wirjawan (mantan Menteri Perdagangan RI) dan Dimas Bagus Wijanarko (CEO Get Plastic). Keduanya berbagi pandangan mengenai pentingnya inovasi dan keberlanjutan dalam menghadapi tantangan masa depan.
Tak hanya fokus pada inovasi bisnis, PT Pupuk Kujang juga menunjukkan komitmen terhadap pendidikan dan lingkungan hidup. SVP Sekretaris Perusahaan, Ade Cahya, menyampaikan bahwa perusahaan telah menyalurkan 85 beasiswa Kujang Juara, yang terdiri dari:
- 50 beasiswa untuk siswa SMA/SMK di Karawang dan Purwakarta,
- 15 beasiswa untuk anak keluarga petani, dan
- 20 beasiswa untuk anak karyawan melalui program Sandika Bhakti Karyawan.
Di bidang lingkungan, PT Pupuk Kujang juga mengadakan kompetisi KURVA Lestari, sebuah ajang eco-inovasi pengolahan limbah karung plastik. Dari 57 tim peserta perguruan tinggi, tim gabungan dari UGM dan ITB berhasil meraih juara pertama berkat inovasi photoreforming limbah plastik menjadi energi hidrogen.
“Pemberian beasiswa dan penghargaan ini adalah bentuk nyata komitmen kami dalam mendukung kemajuan pendidikan dan inovasi di Indonesia. Investasi pada generasi muda adalah kunci masa depan yang cerah dan berkelanjutan,” ujar Ade Cahya.
Melalui FESTINOV 2025, PT Pupuk Kujang menegaskan peran strategisnya dalam membangun budaya inovasi yang berdampak nyata, baik bagi perusahaan, lingkungan, maupun masyarakat. (*)
