METROPLUS.ID– KARAWANG | Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Salah satu kegiatan utama adalah pemeliharaan rutin Bay 150kV di Gardu Induk Telukjambe, Karawang.
Pemeliharaan ini penting untuk memastikan keandalan pasokan listrik, terutama bagi konsumen tegangan tinggi (KTT) seperti PT Bekaert Indonesia, yang hanya dapat menghentikan mesin produksinya pada waktu-waktu tertentu, termasuk saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia.
General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono, menjelaskan bahwa program peningkatan keandalan ini merupakan bagian dari Transformasi 2.0 PLN Growth Moonshot.
“Pemeliharaan rutin ini bertujuan untuk memastikan peralatan berfungsi secara optimal, mendeteksi potensi gangguan lebih awal, dan menangani masalah dengan cepat. Ini sejalan dengan upaya kami untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan meningkatkan pendapatan,” terang Tejo.
Manager UPT Karawang, Syafrizal, menambahkan bahwa kestabilan pasokan listrik sangat krusial untuk pelanggan bisnis di bidang manufaktur.
Dalam pelaksanaan pemeliharaan ini, PLN UPT Karawang menerjunkan 16 orang tim gabungan, termasuk tim proteksi, pemeliharaan jaringan, pemeliharaan Gardu Induk (Hargi), dan Safety Advisor (SA).
Tim ini melakukan pengecekan menyeluruh terhadap semua komponen peralatan, mengganti yang perlu, serta menguji peralatan primer dan sekunder untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
“Pemeliharaan ini diselesaikan sesuai tenggat waktu dengan mematuhi prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3),” pungkas Syafrizal.